[mac] The Story of Machintos #ulasanSingkat

*ini hanyalah postingan lamaku http://sandroid11.blogspot.com/2012/03/program-menghitung-nilai-akhir.html

mac1

Sambil Minum Kopi Hangat disuhu malam yang dingin ditemani cemilan dan Berbicara tentang computer…dan mengenai Operating system pada sebuah computer…aku jadi teringat atau kepikiran sebuah Operating system kesukaan ku yaitu Mac OS
Ada yang bilang sih ke aku…kalau Mac OS tuh kurang menarik dari segi penampilan…kerenan Windows “katanya” sih…tapi menurutku Mac OS lah yang keren…..waduh dari pada membaca percakan yang tak penting mending lanjut aja…
Mac OS atau OS Macintosh adalah Operating Sytem yang dikembangkan Oleh APPLE Corp dibawah kepemimpinan Alm. Steve Jobs, Mac OS diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah computer pertama yang memperkenalkan Sistem antarmuka grafis atau GUI #jangan bertanya tentang GUI nanti kelamaan
Pada waktu itu langkah yang dilakukan APPLE merupakan sebuah perkembangan revolusioner dalamn dunia computer personal.

mac2

Nah kita masuk pada sejarah…..coz kalau tak kenal lebih dalam maka tak sayang….. 
Mac OS merupakan Operating System yang digunakan untuk mengoperaskan computer notebook APPLE Macintosh (ini nih kesukaan ku Notebook Apple  )
Dan orang-orang dibalik semua tuh ada Bill Atkinson, Jef Raskin, dan Andy Hertzfeld

Yah seperti biasa, berbicara sejarah pasti banyak pandangan yang berbeda
Begitupun APPLE, ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Macintosh diciptakan.
Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat Lebih mudah dijalankan orang yang baru belajar computer sekalipun. Operating System Macintiosh pada awalnya dikenalkan sebagai system. Seperti “Sistem 6.0.7” atau ”system 7” pada awalnya juga dikenalkan sebagai ToolBox yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox computer itu sendiri.

Awalnya APPLE juga sengaja menyembunyikan keberadaan system operasi ini untuk membedakan Mac dengan Operating system yang lainnya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan dari pada MAC.

Mac OS mempunya beberapa jenis yaitu

mac3

Mac OS Klasik merupakan sistem yang pertama dikeluarkan oleh Mac pada tahun 1984 hingga Mac OS 9. OS ini dikenal sebagai suatu sistem yang tidak memiliki sembarang command line atau baris perintah. Sistem operasi ini merupakan sistem yang menggunakan user interface(UI) sepenuhnya.

mac4

Sedangkan Mac OS X Merupakan versi terbaru dari Mac OS. Huruf X dari Mac OS C diambil dari huruf romawi yang berarti. Mac OS X memadukan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac serta Managemen memori yang jauh lebih baik.

Perbedaan yang paling mudah dilihat dari Mac OS X ini adalah User Interface. Apple menambahkan Aqua GUI untuk mempercantik tampilan sehingga dapat dinikmati oleh pengguna. Selain itu, teknologi ColorSync juga ditambahkan ke dalam Mac OS X, sebuah teknologi yang berfungsi memberikan sinkronisasi warna sehingga cocok untuk pekerjaan multimedia.
Mac OS X ini awalnya hanya dapat berjalan pada platform PowerPC namun dalam beberapa tahun belakangan terdapat desas-desus bahwa Apple memiliki versi Mac OS X yang dapat berjalan pada platform Intel. Rumornya yakni Apple tidak puas dengan kemajuan platform PowerPC. Namun ini hanya sebuah rumor. Pada tanggal 6 Juni 2005, akhirnya Steve Jobs menjawab desas-desus ini, menurutnya Apple akan melakukan transisi dari PowerPC ke Intel prosesor selama dua tahun kedepan. Selama masa transisi, Mac OS X akan mendukung kedua platform tersebut.

Sebenarnya berbicara Sejarah pasti panjang tak kan selesai hanya dengan satu Page aja, tapi berhubung saya pun capek berbicara sejarah yah, kita setopkan sampai disini dulu, nanti kita lanjutkan kapan-kapan, sambil Ngopi Bareng diwarung Kopi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s