Tentang OODB, DBM dan OODBMS

Database

Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur, dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas, organisasi data, dan juga update yang rumit.

 Database Management System

Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan user untuk memelihara, mengontrol, dan mengakses data secara praktis dan efisien. Dengan kata lain semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. Ada beberapa fungsi yang harus ditangani DBMS yaitu mengolah pendefinisian data, dapat menangani permintaan pemakai untuk mengakses data, memeriksa sekuriti dan integriti data yang didefinisikan oleh DBA (Database Administrator), menangani kegagalan dalam pengaksesan data yang disebabkan oleh kerusakan sistem maupun disk, dan menangani unjuk kerja semua fungsi secara efisien.

Tujuan utama dari DBMS adalah untuk memberikan tinjauan abstrak data kepada user (pengguna). Jadi sistem menyembunyikan informasi tentang bagaimana data disimpan, dipelihara, dan tetap dapat diambil (akses) secara efisien. Pertimbangan efisien di sini adalah bagaimana merancang struktur data yang kompleks tetapi masih tetap bisa digunakan oleh pengguna awam tanpa mengetahui kompleksitas strukturnya.

 Jenis-jenis DBMS

Microsoft Access

Microsoft Access atau Microsoft Office Access adalah program aplikasi dari Microsoft yang ditujukan untuk kalangan rumahan atau perusahaan kecil menengah. Microsoft Access menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Access Engine. Microsoft mengeluarkan versi terbaru dari Microsoft Access yaitu Microsoft Access 2007.

Oracle

Oracle adalah salah satu software sistem manajemen basis data relasional yang cukup diminati, dikenal, dan dipakai saat ini. Oracle mempunyai kemampuan mengatur managemen space dan basis data yang besar.

Kelebihan:

–            Oracle memiliki banyak sekali fitur

–            memiliki redundancy sehingga pelayanan bisa diberikan secara cepat dan tidak terganggu jika ada server yang mati.

–            mempunyai berbagai macam aplikasi yang dibuat dengan beragam bahasa pemrograman

Kekurangan

–            dari fitur tersebut oracle menjadilebih rumit dan sulit untuk dipelajari

–            fleksibilitas/kemampuan yang dibutuhkan berukuran besar

DB2

Merupakan RDBMS ( relationship database management system) yang memungkinkan user menggunakan perintah-perintah SQL terhadap basis data relasional.

Keunggulan DB2 :

  1. Dapat dijalankan pada bermacam-macam platform
  2. Menunjang client, aplikasi multimedia, object oriented
  3. Dirancang untuk memperoleh informasi dalam bisnis berskala kecil maupun besar
  4. Memiliki alat yang mengizinkan user membuat macam- macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data.

MySQL

MySQL merupakan sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL atau data management system. Pada software ini juga memiliki kelebihan yaitu antara lain :

  1. bebas didownload
  2. stabil
  3. fleksibel dengan berbagai pemrograman
  4. pengamanan yang baik
  5. kemudahan management database
  6. perkembangan softwarenya cukup cepat.

 Perbedaan antara Relational DB, Object-Oriented-Relational dan OODB

Relational Database

Terdapat beberapa cara untuk menangani atau memodelkan data diantaranya adalah:

– Model Hirarkis / Model Pohon

– Model Jaringan

– Model Relasional

Diantara tiga model tersebut model Relasional adalah yang paling sering dipakai. Model Relasional merupakan model yang paling sederhana sehingga mudah digunakan dan dipahami oleh pengguna, serta merupakan model yang paling populer saat ini. Model ini menggunakan sekumpulan tabel berdimensi dua ( yang disebut relasi atau tabel ), dengan masing-masing relasi tersusun atas tupel atau baris dan atribut.

Basis data relational adalah sekumpulan tabel-tabel yang memiliki hubungan relasi secara matematika dan logika. Hubungan relasi antar tabel pada umumnya berupa query, yakni tata aturan relasi yang sudah disusun berdasarkan desain dan teknik basis data tertentu yang digunakan. Query menjelaskan hubungan antar tabel secara matematika dan logika. Query terdiri dari operasi-operasi matematika dan logika yang diterapkan pada sekumpulan tabel. Basis data relational dibangun dari sekumpulan tabel yang memiliki hubungan relasi, dimana relasi itu dinyatakan dengan query. Query itu terdiri dari beberapa operasi -secara matematika- misalkan operasi join dengan beberapa operator –secara logika- seperti AND dan OR. Query-query itu disimpan pada suatu file relasi basis data. Selanjutnya file relasi basis data, file tabel basis data, file field data structure language (DSL) dan file field data definition language (DDL), disimpan dalam suatu skema basis data pada file basis data project yang bersangkutan. File- file itu harus dibuat terlebih dahulu sebelum membangun sebuah file basis data project.

Model basisdata relasional merupakan model basisdata yang dirancang agar memiliki konsistensi informasi dalam bentuk normalisasi database. Yang secara implementatif dan operasional dikendalikan oleh mesin Database Managemen System (DBMS).

Struktur dasar basisdata relasional :

–       Relasional Database Management System (RDBMS) beroperasi pada lingkungan logika manusia.

–       Basisdata relasional diasumsikan sebagai sekumpulan tabel-tabel.

–       Setiap tabel terdiri dari serangkaian per-potongan baris/kolom

–       Tabel-tabel (atau relasi) terhubung satu dengan lainnya menggunakan entitas tertentu yang digunakan secara bersama

–       Tipe hubungan seringkali ditunjukkan dalam suatu skema

–       Setiap tabel menghasilkan data yang lengkap dan kebebasan structural

Object Oriented Relational Database

Database objek-relasional (ORD), atau sistem manajemen database objek-relasional (ORDBMS), adalah sistem manajemen database (DBMS) mirip dengan database relasional , tetapi dengan object-oriented model database: objek, kelas dan pewarisan secara langsung didukung dalam skema database dan dalam bahasa query . Selain itu, seperti halnya dengan sistem relasional murni, mendukung perpanjangan model data dengan adat tipe data dan metode .

Database objek-relasional dapat dikatakan untuk memberikan jalan tengah antara database relasional dan database berorientasi objek ( OODBMS ). Dalam database relasional obyek, pendekatan dasarnya bahwa database relasional: data berada dalam database dan dimanipulasi secara kolektif dengan pertanyaan dalam bahasa query, pada ekstrem yang lain adalah OODBMSes di mana database pada dasarnya adalah sebuah toko objek terus-menerus untuk perangkat lunak ditulis dalam bahasa pemrograman berorientasi objek , dengan pemrograman API untuk menyimpan dan mengambil benda, dan sedikit atau tidak ada dukungan khusus untuk query.

 OODB

Object-oriented database adalah salah satu jenis database dimana data direpresentasikan dalam bentuk object. Object Oriented Database merupakan sebuah sistem data base yang menggabungkan semua konsep penting dari object oriented.

Pendekatan ini sangat dipengaruhi oleh bahasa pemrograman object-oriented dan dapat dipahami sebagai usaha untuk menambah fungsionalitas DBMS pada lingkup bahasa pemrograman.

Relational Database (RDB) : Sebuah relational database menyimpan data dalam ‘relasi’, atau yang disebut juga tabel. Setiap tabel terdiri dari tuple atau record dan attribut atau field. Urutan penyusunan dalam media penyimpanan fisik tidak berpengaruh dalam model ini, dan setiap record di dalam tabel diidentifikasi dengan sebuah field unik.Tipe data yang sederhana, query language yang powerfull, dan proteksi yang baik.
Object Relational Database (ORDB) : Seperti RDB namun mampu menangani tipe data yang komplek,  query language yang powerfull, dan proteksi yang baik
Object Oriented Database (OODB) : Data akan disimpan dalam array, bukan dalam tabel. Mampu menangani tipe data yang komplek, terintegrasi dengan bahasa pemrograman, performansi yang baik.

Perbedaan antara DBMS dan ODBMS

Database Management System atau sering disingkat menjadi (DBMS) diciptakan untuk menyediakan mekanisme penyimpanan data bersama, baik bagi user-user maupun program-program. Tugas utama bagi DBMS adalah untuk menyediakan fungsi pendefinisian data bagi user untuk mengakses dan merubah data yang tersimpan. Di luar fungsi utamanya, DBMS juga dituntut untuk memiliki kemampuan untuk mengamankan data dari user yang tidak berkepentingan, perbaikan bagi kegagalan sistem, concurrency : sehingga user yang banyak jumlahnya tersebut dapat mengakses database pada waktu yang bersamaan, dan melakukan pengecekan integritas sehingga data pada bagian yang berbeda dari suatu database dapat tetap konsisten secara logika terhadap keseluruhan database.

Sehingga dapat di tarik definisi umum bahawa DBMS adalah kumpulan program-program (software) yang memperbolehkan user untuk membuat dan memelihara database. Contoh dari DBMS adalah Oracle, MySQL, PostgreSQL, dan lain-lain.

Letak perbedaan utama ODBMS dengan sistem basis data konvensional adalah pada sistem basis data konvensional data direpresentasikan ke dalam bentuk tabel-tabel dengan kolom yang mewakili kategori dari data, dan baris yang berisi data itu sendiri. Sedangkan dalam ODBMS, data direpresentasikan sebagai sebuah objek, baik dalam hal pengaksesannya maupun dalam hal pemodelannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s